Tari Zapin di Jati Baru Timur

STIT SUNAN GIRI BIMA, KOTA BIMA. Grup Tari STIT Sunan Giri Bima berkesempatan tampil dalam penyambutan penganten atas pernikahan salah seorang mahasiswi Prodi PAI STIT Sunan Giri Bima bernama Nurmalasari yang dihelat pada Ahad, 19 Januari 2020 berlokasi di halaman terminal Jatibaru Timur.

Penampilan grup tari STIT Sunan Giri Bima ini merupakan penampilan kedua di Jatibaru timur, dimana pada tahun sebelumnya mereka tampil dalam acara Isra’ Mi’raj yang diselenggarakan oleh remaja masjid setempat.

Terdapat beberapa jenis tari yang hendak ditampilkan, tapi mengingat terbatasnya waktu, maka tari yang ditampilkan adalah tari Zapin Melayu Sumatera.

Penampilan kali ini cukup membuat penonton antusias, walau pada awalnya terdapat gangguan musik pengiring sehingga harus diulang sampe dua kali.

Ketika musik pertama diputar, sebagian grup tari memulai aksi tarinya, sementara yang lain tidak bergerak, karena merasa suara musik belum sempurna. Begitupun pada putaran yang kedua masih belum sempurna. Baru putaran yang ketigalah pertunjukan tari dimulai.

Nur Iju, salah seorang penari, menyesalkan adanya kesalahan teknis seperti itu karena mengganggu konsentrasi dan mengurangi keprofesionalan tim dalam menampilkan tarian.

Ruwaidah, penari yang lain, menjelaskan bahwa gangguan-gangguan kecil seperti itu sudah biasa terjadi dan tidak membuat mereka gugup, “kalau kami  pernah tampil di tempat itu kemudian ada kesalahan kecil, maka tidak membuat kami mider”, tuturnya ketika ditanya sehabis tampil.

Semoga penampilan-penampilan berikutnya tidak lagi menghadapi kesalahan teknis sehingga pentasnya berjalan lancar, Aamiin.

Syukri Abubakar