PEMBUKAAN BIMTEK PENYUSUNAN RIP, RENSTRA, RENOP LINGKUP PTKIS KOPERTAIS WILAYAH XIV MATARAM

STIT Bima – Bima Senin (4/12) kemarin di Lombok Astoria Hotel alhamdulillah bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan pimpinan lebih dari 30 PTKIS se-Bali Nusra. Koordinator Kopertais XIV Mataram Bapak Prof. Masnun, M. Ag dalam sambutannya menekankan pentingnya bagi PTKI untuk memiliki RIP, RENSTRA, dan RENOP yang disusun sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kampus. Kegiatan ini dibuka oleh Kasubdit Ditjen Pendis Kemenag RI yang menginformasikan berbagai Upaya Kemenag sebagai perpanjangan tangan pemerintah RI untuk hadir menyapa dan mendampingi pengembangan mutu PTKI dengan berbagai program yang salah satunya adalah kegiatan ini.

Dalam rangkaian akhir acara pembukaan ini, ditutup dengan pengarahan awal narasumber Dr. Helmi Saifudin, salah satu Asesor BAN-PT, yang mengingatkan pentingnya bagi PT untuk selalu mengukur ketercapaian Visi Misi secara reguler dengan indikator yang dijabarkan dalam perencanaan PT baik jangka Panjang, menengah, maupun pendek. Sehingga mau tidak mau penyusunan RIP, RENSTRA dan RENOP menjadi salah satu penilaian penting dalam menunjang perjalanan PT menjadi lebih baik, selain juga menjadi salah satu aspek penilaian Borang Akreditasi. Untuk tips dan strategi penyusunannya insya Allah ada di materi besok..

Narasumber juga menyisipkan informasi berbagai regulasi baru terkait Perguruan Tinggi beserta konsekuesinya. Salah satunya adalah Permenristekdikti No. 53 Tahun 2023 yang membawakan kabar gembira sekaligus ancaman serius bagi keberlangsungan PT. Kabar gembirannya antara lain adanya penyederhanaan instrument penilaian borang dan pemeringkatan akreditasi, dan peluang perpanjangan akreditasi tanpa biaya.

Kabar sebaliknya Jika dalam akreditasi Prodi meraih TMSP, maka diberi waktu 6 bulan untuk memindahkan seluruh mahasiswanya ke prodi/PT lain atau mewisuda semua mahasisanya sebelum Prodi ditutup. Untuk akreditasi PT jika TMSP diberi waktu 8 bulan untuk merger atau ditutup. Mutu Akreditasi PT sangat ditentukan oleh akreditasi Prodi dan mutu lulusan dari hasil tracer study yang terukur.

Semoga ini menjadi tambahan semangat dan motivasi kita untuk memajukan kampus kita tercinta menghadapi dinamika dan tantangan kedepan yang semakin dinamis…