Sambut Ramadhan: LBC STIT Bima adakan Pelatihan Dakwah

Kota Bima, 6/03/2024. Menyambut Bulan Ramdhan tahun ini Laskar Bima Craft (LBC) STIT Sunan Giri Bima, telah menyusun kegiatan untuk mempersiapkan para mahasiswa menjadi Agen of Cange dan Agen of Moral melalui Pelatihan Dakwah Safari Ramadhan 1445 H dengan mengusung tema “Menggapai Ramadhan, Mensucikan Jiwa”. Lokasi kegiatan di lingkungan STIT Sunan Giri Bima dan dilaksanakan selama enam hari.

 

Pelatihan Dakwah Safari Ramadhan di ikuti oleh 27 peserta dari anggota Laskar Bima Craft. Semua peserta (binaan) dibimbing langsung oleh dosen dengan pembagian materi dasar, yaitu; Fiqh (Ahmad Syagif HM. M.Pd), Qur’an Hadits (Nurlaila, M.Pd), dan Aqida Akhlaq (Muhhamd Irfan, M.Pd.I). Selain materi dasar, binaan dibekali etika, strategi dan gambaran umum menjadi pendakwah ditengah-tengah masyarakat.

 

Setelah pembekalan materi dasar, para peserta menulis subtema yang telah dibagikan dibawah pengawasan pembina masing-masing. Bagi laki-laki di latih untuk khutbah dan perempuan belajar tausiah. Selain menulis, fokus pembinaan pemantapan muqaddimah, kesesuaian dalil, intonasi dan isi penyampaian.
Ashabul Yamin (ketua panitia) melaporkan, “selain dakwah di sampaikan secara langsung di telinga masyarakat, peserta akan diarahkan pada pengelolaan teknologi sebagai media dakwah efektif dan efisien. Kombinasi karya dakwah berbentuk buku dan video diharapkan merata dan menyeluruh dirasakan semua kalangan”.

 

Outuput Pelatihan Dakwah ini, setiap naskah tulisan peserta akan di terbitkan dalam bentuk buku, dan mengikuti program LBC-Virtual Group yaitu mengisi kultum dan tausiah di channel youtube LBC STIT BIMA selama bulan Ramadhan. Setiap wilayah akan diutus peserta yang telah menempuh pelatihan untuk mengisi agenda-agenda ramadhan. “Bangga dengan progres dan respon anak-anak LBC menyambut bulan ramadhan ini, kami siap membantu dalam proses penerbitan karya tulis peserta bila perlu patungan agar bukunya terbit,” ucap Irwan Supriadin J, M.Sos.I selaku ketua Lembaga STIT Sunan Giri Bima.

 

Pelatihan Dakwah Safari Ramadhan diharapkan menyumbang energi positif bagi mahasiswa/I STIT Sunan Giri Bima agar menjadi lulusan yang memiliki kemampuan selain berdakwah juga aktif menggunakan media teknologi dan dimanfaatkan dalam memperioritaskan kemaslahatan ummat.