Tingkatkan Kapasitas Kepenulisan, P3M Adakan Workshop “Writing Scientific Article Through Bibliometric Analysis”

 

flayer WORKSHOP STIT Sunan Giri Bima

WORKSHOP STIT-BIMA. Alhamdulillah berjalan dengan lancar kegiatan Workshop yang sempat tertunda 24 Januari 2024 lalu sebab beberapa kendala, sehingga agenda ini terlakasana hari ini sejak pukul 09.50-12.00 WITA. Workshop yang melibatkan seluruh Dosen STIT SUNAN GIRI ini berlangsung di Smart Classroom dengan tema “Writing Scientific Aticle Through Bibliometric Analysis” (29/01/2024) oleh Abdurrahman Mansyur, S.E.,AWP. Kegiatan ini di selenggarakan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M).

 

Tantangan Akreditasi Perguruan Tinggi semakin kesini meningkat pesat termaksud dalam bidang penelitian dan inovasi akademisi. Persaingan ini justeru berat dirasakan oleh kampus swasta apalagi jika harus berhadapan dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Para Dosen digugat untuk meningkatkan pemahamannya terhadap metodologi-metodologi penelitian agar dapat menyaingi dan mempertahankan brand-nya di Tengah kejolak teknologi informasi era ini. Yaitu dengan cara pengaplikasian tulisan karya ilmiah sehingga terindeks di skala intenasional yang demikian menambah nilai akreditasi Perguruan Tinggi masing-masing.

WORKSHOP Dosen STIT Sunan Giri Bima di Smart Classroom (Senin/29/1/2024).

Pada saat materi berlangsung narasumber cukup begitu lugas menyajikan pokok-pokok pengalamannya dalam menganalisis perkembangan jurnal atau karya ilmiah. Lebih jelasnya lagi, menyampaikan langkah-langkah strategis dalam menggunakan situs Bibliometric sebagai media dan metode analisis penelitian. Analisis Bibliometrik adalah Teknik analisis yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Karena analisis ini menunjukkan tema-tema tertentu dalam visualisasinya secara menyeluruh baik tema jurnal yang sering di teliti maupun tema baru, disinilah riset kajian-kajian ilmiah yang mesti di teliti dengan melihat variable yang jarang muncul. Bibliometric akan sangat membantu menganalisis tren perkembangan penelitian.

Perkembangan analisis bibliometrik telah menjadi bagian penting dari penelitian akademis maupun pengambilan kebijakan. Analisis ini memungkinkan peneliti memahami tren, pengaruh, dan pola dalam literatur ilmiah, membantu dalam mengidentifikasi arah penelitian yang relevan, serta mengukur dampak dari penelitian yang dilakukan. Bagi pengambil kebijakan, analisis bibliometrik dapat memberikan wawasan tentang perkembangan disiplin ilmiah, menyoroti area-area yang memerlukan perhatian lebih lanjut, dan membantu dalam membuat keputusan yang didukung oleh data terkait pembiayaan penelitian dan pengembangan kebijakan.

Analisis bibliometric dapat mengakses software seperti, Google Scholer, Deminsion, , rsStudio, VOSviewer, Gephi, Citespace, Bibexcel, Publish or Perish (PoP) dan UCInet. Salah satunya VOSviewer membantu menganalisis author sesuai urutan dan jumlah tulisan dalam menerbitkan jurnal maupun menunjukkan jumlah civitasi penelusuran artikel yang berkaitan.