UPGRADE KUALITAS DIRIMU

Dipublikasikan oleh JM pada

Berbicara tentang kualitas diri, siapapun akan setuju jika ini adalah syarat utama yang harus dimiliki jika hendak eksis di dunia kerja atau sekedar membentuk citra diri di masyarakat. Namun banyaknya persepsi membuat pertanyaan, “kualitas diri yang seperti apa yang saya miliki? Bagaimana cara memperbaikinya?”. Nah … Setidaknya ada 6 Cara menaikkan kualitas dirimu, yakni :

1. FOKUS PADA TUJUAN

Hidup sedang pada puncak-puncaknya saat di usia muda. Bayangkan: urusan kuliah, karir, keluarga terus silih berganti menuntut setiap detik waktumu. Nggak heran kalau fokus kalian terpecah dan nggak bisa maksimal dalam menjalani tujuan hidup. Lalu gimana cara menyiasatinya?

Untuk mengasah fokus, coba deh gunakan strategi ala pesaham terkenal Warren Buffet. Sebagai sosok yang super sibuk, beliau punya 3 trik yang selalu diterapkan ke para bawahannya dalam membuat keputusan dan komit hingga tuntas:

Langkah Pertama: Tuliskan 25 target dalam hidupmu.
Langkah Kedua: Baca ulang seluruh target dan lingkar cukup 5 gol paling penting.
Langkah Ketiga: Jadikan 5 target terpenting tersebut sebagai fokus utama, sedangkan sisa 20 target lain bisa dikejar pada waktu luang.
Nah, soal target ini bisa bersifat jangka pendek atau jangka panjang, jadi sesuaikan saja daftar fokus, misalnya fokus harian, mingguan, hingga tahunan.

2. KEMBANGKAN SKILLS

Banyak orang usia muda yang menyanjung tinggi passion. Walaupun tidak salah, prioritas utama kamu seharusnya ada di self development alias pengembangan diri.

Ada 2 aspek pengembangan diri yang penting untuk diasah di usia muda:

Pengembangan hard skills
Hard skills berarti kemampuan spesifik yang harus dimiliki untuk sebuah pekerjaan tertentu dan bisa diasah melalui latihan dan pendidikan, misalnya menulis, Berwirausaha, programming, akuntansi, marketing dan sebagainya.

Pengembangan soft skills
Soft skills lebih mengacu pada kemampuan bersosialisasi dan bersifat interpersonal, misalnya kemampuan beradaptasi di lingkungan baru, leadership, time management, dan sebagainya.

Kombinasi antara dua skills ini bisa jadi cara ampuh meningkatkan kualitas diri, karena kamu akan bisa berkembang tidak hanya dari segi karir tetapi juga koneksi sosial, kesehatan mental, wawasan, hingga pemahaman diri yang semakin cocok dengan passion sejak awal.

3. BERLATIH CARA BERKOMUNIKASI

Manusia tidak akan pernah terlepas dari yang namanya komunikasi sebagai cara untuk memahami diri sendiri dan orang lain. Kemampuan komunikasi bisa jadi senjata paling penting untuk disiapkan secara dini. Bahkan, menurut survey yang dilakukan LinkedIn, kemampuan komunikasi adalah keahlian yang paling dicari oleh banyak perusahaan top internasional.

Cara berkomunikasi yang baik bisa didapat dengan melatih kemampuan mendengar, merangkum kata, body language dan berani speak up. Jika perlu, riset dan cari pelatihan khusus untuk melatih cara komunikasi. Ini akan jadi salah satu cara meningkatkan kualitas diri kamu yang sangat menentukan.

4. LAWAN RASA TAKUT
Punya rasa takut? Bagus! Karena rasa takut bisa jadi cara meningkatkan kualitas diri yang paling powerful!

Rasa takut adalah motivator ulung karena membuat seseorang jadi tidak nyaman, ingin berubah, dan menjadi lebih baik. Walaupun rasa takut juga bisa membuat seseorang lari dari kenyataan, stres dan terjerumus ke hal-hal yang negatif.

Banyak strategi yang bisa digunakan untuk melawan rasa takut. Tapi khusus untuk orang usia muda, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan orangtua, guru, mentor atau mereka yang ahli dalam memecahkan masalah. Di usia muda, bimbingan orang terdekat sangat penting untuk mengatasi rasa takut.

Selain itu, coba juga mengidentifikasi rasa takut secara jelas, mencari solusi, dan mempraktikkan metode menenangkan diri seperti meditasi, relaksasi dengan alam, terapi atau konsultasi dsbnya.

5. THINK POSITIVE & BE CONFIDENT

Mindset positif tidak datang dengan sendirinya, tetapi bisa dilatih supaya terbentuk dan menjadi identitas diri sepenuhnya. Pikiran yang positif dan yakin pada kemampuan dirimu sendiri bisa bikin kamu lebih pede menghadapi apa pun, termasuk saat berinteraksi dengan teman dan orang-orang sekitarmu. Beberapa langkah yang bisa digunakan untuk berpikiran positif dan meningkatkan kualitas diri antara lain :

Memulai hari dengan afirmasi positif, misalnya “ hari ini bakal penuh kesuksesan” atau “ performa saya hari ini pasti OK banget!”.
Jangan biarkan hal-hal kecil merusak mood. Fokus pada hal-hal baik.
Belajar menggunakan humor untuk mengatasi situasi buruk.
Jadikan kegagalan sebagai batu loncatan. Kegagalan bisa membuatmu belajar dari kesalahan sehingga kamu bakal lebih pede pada usahamu selanjutnya.
Ubah kata-kata negatif menjadi motivasi yang positif. Hal ini bisa bikin kamu pede menghadapi apa pun.
Selalu berpikiran pada masa sekarang dan masa depan, bukan masa lalu.

6. MERAWAT DIRI DAN KESEHATAN

Terakhir nih, kualitas diri tidak terlepas dari cara berpenampilan menarik. Mengapa? Karena jika kalian look good, maka kalian akan feel good! Cara berpenampilan menarik ini bukan soal harus tampil langsing, mewah, makeup-an ataupun kinclong total. Bukan, lho!

Cara berpenampilan menarik yang penting adalah soal perawatan diri seperti menjaga kebersihan, memprioritaskan kesehatan dan memastikan kondisi mental kamu baik-baik saja.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *